Roh Kudus Adi Mitra Kita


Khotbah Gembala, Pdt. Ir. Jongky T. Widjojo (GBI Kamboja, Depok)
Minggu, 16 Mei 2010

Beberapa hari yang lalu (tanggal 13 Mei 2010) kita baru saja merayakan hari kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Mengapa Tuhan Yesus harus naik ke sorga dan meninggalkan kita murid-muridNya sendirian di dalam dunia yang penuh dengan pencobaan dan masalah hidup ini?

Yesus sendiri berfirman : “Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi.” (Yoh 16:7) Mengapa begitu? Bagaimana mungkin lebih berguna bagi kita bila Yesus pergi ke sorga? Bukankah Dia, Tuhan, Allah dan Penolong yang paling kita butuhkan di dalam hidup ini?

Sekurang-kurangnya ada : 3 berkat istimewa yang kita terima karena kenaikan Tuhan Yesus ke sorga.

I. Memiliki rumah di sorga (Yoh 14:1-3)

Yesus pergi untuk menyediakan rumah di sorga bagi kita, anak-anak Allah, supaya kita bisa tinggal bersama dengan Dia untuk selama-lamanya. Mungkin di dunia ini kita belum punya rumah yang permanen. Mungkin kita masih kos, mengontrak, atau tinggal di perumahan Mertua Indah. Tidak menjadi masalah, tetapi pastikanlah bahwa masing-masing kita sudah memiliki rumah di sorga. Bagaimana kita bisa tahu bahwa kita sudah punya rumah di sorga?

Yesus berkata bahwa di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Artinya tempat tinggal di rumah Allah Bapa itu (=sorga) disediakan bagi anak-anakNya! Karena itu pastikanlah bahwa kita sudah benar-benar menjadi anak Allah dengan cara lahir baru menjadi anak Allah (=menerima Yesus di dalam hati kita). Selanjutnya teruslah hidup sesuai dengan kehendakNya melalui kehidupan intim dengan Dia.

Bila hidup ini terasa berat, janganlah merasa putus asa. Mungkin tekanan dan persoalan hidup datang bertubi-tubi, tetapi tetaplah bersyukur karena kita mempunyai rumah yang sangat indah di sorga kelak bersama-sama dengan Bapa kita yang sangat mengasihi kita.

Yesus berkata bahwa bila rumah kita sudah tersedia (=sudah selesai) maka Ia akan datang untuk menjemput kita. Ada 2 kemungkinan:

  1. Rumah kita sudah selesai terlebih dahulu (=tugas kita di dunia sudah selesai) maka Yesus akan datang menjemput kita sendirian (=kita meninggal dunia).
  2. Rumah kita di sorga selesai bersama-sama, maka Yesus akan menjemput kita bersama-sama pula (=rapture).

II. Melakukan pekerjaan seperti yang Yesus lakukan bahkan yang lebih besar (Yoh 14:12-14)

Yesus pergi supaya kita yang percaya bisa melakukan perkara-perkara yang Yesus lakukan, bahkan yang lebih besar lagi. Bagaimana mungkin? Pasti bisa karena Yesus sendiri yang mengatakannya. Saat ini kita sedang hidup di penghujung akhir zaman. Mujizat-mujizat yang luar biasa bahkan yang semakin besar pasti terjadi.

Apapun yang kita minta di dalam nama Yesus akan diberikanNya supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Memakai nama Yesus berarti kita harus bisa dipercaya (layak) untuk memakai nama yang mulia itu!

III. Menerima karunia Roh Kudus (Yoh 14:15-18)

Yesus pergi untuk meminta kepada Bapa untuk memberikan kepada kita seorang Penolong yang lain (Parakletos=penolong yang lain yang setara). Dia adalah Roh Kudus, Roh Allah sendiri yang Maha Kuasa. Ketika Yesus masih hidup di bumi ini Dia hanya bisa berada dan menyertai murid-muridNya di suatu tempat pada suatu waktu. Tetapi sekarang Roh Kudus Sang Penolong yang menggantikan Yesus bisa berada bersama-sama setiap kita pada setiap waktu! Tidaklah mengherankan bahwa Yesus berfirman : “Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi, sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” (Yoh 16:7)

Apa yang dilakukan Roh Kudus bagi kita? Sekurang-kurangnya ada 3 hal :

  1. Untuk menyertai kita untuk selama-lamanya dan diam di dalam kita (Yoh 14:17b). Bayangkan! Di dalam diri kita yang adalah manusia biasa ini, berdiam Roh Allah yang Maha Kuasa yang selalu menyertai kita setiap saat! Karena itu jangan takut tetapi percayalah!
  2. Untuk menghibur dan menguatkan kita (yoh 14:26a). Dunia ini penuh dengan segala macam masalah dan persoalan tetapi jangan takut karena kita punya penghibur dan penolong yang Maha Kuasa yang selalu siap menghibur, menguatkan, dan menolong kita melewati segala masalah dalam hidup ini! Tidak ada masalah dan persoalan yang tidak bisa diatasi bila kita bekerja sama dengan Roh Kudus!
  3. Untuk mengajar dan mengingatkan kita akan Firman Tuhan dan perintah-perintah Yesus. Karena itu selalulah berdoa minta bimbingan dan penyertaanNya waktu akan melakukan segala sesuatu, seperti misalnya: membaca Alkitab, memulai hari-hari kita setiap hari, menghadapi persoalan, dan lain-lain.
  • Roh Kudus adalah jaminan dari semua yang telah disediakan Tuhan bagi kita (II Kor 5:5).
  • Jadikanlah Roh Kudus sebagai Adi Mitra kita (=Kawan sekerja kita yang Maha Kuasa).
  • Terimalah Babtisan Roh Kudus (Kis 2:4).

*Selamat dipenuhi oleh Roh Kudus dan
Selamat mempunyai Kawan Sekerja yang Maha Kuasa
untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang besar bagi Dia!!!*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s